Beranda > Mahasiswaku > #1.Menitipkan Indonesia pada mereka

#1.Menitipkan Indonesia pada mereka

Mereka mahasiswa-mahasiswa yang luar biasa. Kemiskinan tidak dijadikan alasan untuk mengubur cita-cita. Justru lilitan kemiskinan menjadi pemicu dan pelecut untuk maju. (Kompas 27 Juni 2015).

Indonesia sungguh memiliki banyak pemuda-pemuda berbakat. Tidak saja dari sisi akademis, sisi-sisi lainnya juga sangatlah luar biasa. Beruntunglah anak-anak SMA/K yang lulus secara akademis dengan nilai baik dan memiliki kemampuan yang diatas rata-rata, tapi belum atau tidak  memiliki kemampuan finansial untuk melanjutkan studi, pemerintah melalui Kementrian terkait memiliki program Beasiswa Bidik Misi. Program ini berguna untuk menjaring siswa-siswa yang memiliki kemampuan diatas rata-rata untuk dapat melanjutkan studi ke perguruan tinggi favorit di Indonesia. Program ini dapat diakses semua siswa di level SMA/K setiap tahunnya.

Jadi jika memiliki kemampuan maka ikutlah program beasiswa bidik misi ini. Dan pemerintah sendiri menentukan secara aturan tujuan beasiswa bidik misi adalah :

  • Meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi keluarga;
  • Meningkatkan sebuah akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi negeri bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik untuk bangsa;
  • Menjamin keberlangsungan studi mahasiswa sampai selesai dan tepat waktu;
  • Merangsang / meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler;
  • Menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetitif untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi ini;
  • Melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Flash Back 22 years ago….

Saya sangat suka sekali dengan sekolah. Sekolah seakan menjadi tempat yang damai dan sangat mengasyikan untuk melakukan semua eksplorasi diri. Waktu jaman SMP, Saya termasuk anak yang diam dan tidak banyak aktivitas kegiatan apapun disekolah. ya .. kerjanya hanya belajar..belajar …. dan belajar. Kemampuan belajar terbaik seumur hidup dalam sekolah adalah di masa SMP ini. Semua materi sepertinya sangat luar biasa. favoritnya Matematika tentunya.. Ekplorasi diri sepertinya diilmu ini menjadi dasar yang kuat dalam mempelajari ilmu lainnya.

Masuk masa SMA, dengan bekal nilai yang terbaik di sekolah Saya masuk ke SMA Negeri favorit. Favorit karena menjadi satu-satunya SMA Negeri yang ada di daerah saya waktu itu dan yang masuk ke Sekolah itu adalah siswa-siswa SMP yang terpilih tentunya. Setelah masuk SMA, ternyata Saya bukan satu-satunya yang menjadi  siswayang memiliki nilai akademis yang baik. Ada ratusan teman-teman lainnya dari SMP-SMP lainnya yang begitu luar biasa. Mereka memberikan semangat juang yang luar biasanya dalam proses belajar mengajar. Saya harus berjibaku dengan disiplin, semangat juang dan motivasi tinggi untuk bisa mengejar mereka.

Sayang di masa itu belum ada Beasiswa Bidik Misi yang tidak hanya membiayai kuliah, tapi juga biaya hidup:(. Kalaulah ada tentu teman fisika saya ini Mr Kho Fong tentunya memiliki kesempatan untuk mengexplore lebih lanjut potensi yang luar biasa dirinya. Sangat jago sekali di hitungan… saya bilang ….gila nih anak.. matematika, fisika, kimia makanannya kali !!!!. Saya pernah belajar bareng dirumahnya. cukup sederhana memang, tapi kesederhanaannya itu menyimpan nuklir yang dahsyat dalam otaknya.. sungguh-sungguh brilian.. Rangking satu terus tanpa cacat!!!. Satu hal yang menarik dari cara dia memberikan penjelasan ke teman-temannya yang belum faham adalah kemudahan dan kesederhanaan penjelasan ilmu-ilmu rumit menjadi sangat sederhana sehingga mudah di fahami. 

Teman lainnya yang sangat menginspirasi adalah Mrs Yustiska Lsyda Putri. Saya satu sekolah dari  SD sampai SMA sama nih anak.. Luar biasa semangatnya.. Kalau saya tidak salah saya hanya tidak sekelas samanya hanya di kelas 2 SD dan kelas 2 SMP..selebihnya sekelas terus. Nih anak termasuk paket komplet sebenarnya.. komunikasi oke, sosialisasi oke dan akademikpun oke.  Karena matematikanya yang oke, akhirnya tembus UMPTN di UI.. Matematika pula.. 

Satu lagi yang Inggrisnya nyerocos adalah Mrs Tjit Hung.. nih anak inggrisnya gile bener. Pernah saya belajar bareng dirumahnya, jaman itu radio adalah teman favorit kami. Tapi yang didengar teman saya ini adalah radionya BBC  Inggris atau kalaupun tidak ya. radionya ABC nya australia. Mantabs banget la pokok e… luar biasa.. 

yang piawai organisasi nih teman saya Mr. Ihsan. Ketua OSIS dijaman kita. seabreg organisasi dia ikutin. Saya ikut kecemplung dengan banyak organisasi salahsatunya dipengaruhi nih teman. Meniti karir organisasi dari Pramuka sampai level jambore nasional, kemampuan organisasinya selalu kami jadikan rujukan dalam kepemimpinan. Sampai saat ini masih tetap menjadi leader atau pemimpin di kantornya.

Ahh… itulah sepersekiannya teman-teman yang dulu yang sangat luar biasa, dan sekarang ini tetap keep kontak.

Titip Indonesia ya !!!

Anak-anak muda sekarang menjadi tumpuan Indonesia 10, 20 tahun yang akan datang. Kami menitipkan kemajuan bangsa dan negara ini kepada anak-anak muda yang luar biasa saat ini.

Saya sangat suka sekali dengan anak-anak muda yang ekspresif, komunikatif, penuh banyak ide serta sangat antusias. Ketemu dengan mereka tentu akan memberikan semangat muda ke saya. Di pundak merekalah nantinya Indonesia kami titipkan.. (bersambung…)

salam.

  1. September 8, 2015 pukul 11:42 am

    bagus bagus… udah lama gk baca baca blog om marsani…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: