Arsip

Archive for the ‘Pendidikan’ Category

Sang Pemimpi:

November 1, 2009 Tinggalkan komentar

————–
Resume beberapa kutipan Dalam Novel Sang Pemimpi yang memberikan inspirasi dan Motivasi.

Kesendirian:
—————–
Dan di sini, di sudut
dermaga ini, dalam sebuah ruangan yang asing, aku
terkurung, terperangkap, mati kutu.

Gapailah Cita-cita setinggi Langit
————————————-
“Jelajahi kemegahan Eropa sampai ke Afrika yang
eksotis. Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis.
Langkahkan kakimu di atas altar suci almamater terhebat
tiada tara: Sorbonne. Ikuti jejak-jejak Sartre, Louis
Pasteur, Montesquieu,Voltaire. Di sanalah orang belajar
science, sastra, dan seni hingga mengubah peradaban….”
Baca selengkapnya…

ACI —AKu Cinta Indonesia

November 1, 2009 Tinggalkan komentar

Hanya ada satu Cinta
Dengan bumbu rindu selalu

hanya ada satu rindu
tanpa ragu tanpa cemburu

hanya ada satu cinta
bukan tujuh bukan seribu

cinta kita cinta bersama

ACI aku cinta indonesia
A kisah amir C kisah cici
I kisah ito

tapi ACI aku cinta indonesia

——————————-
Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober

Ujilah Kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) anda melalui Uji Kompetensi

Agustus 3, 2009 1 komentar

Tulisan dibawah ini sebenarnya saya buat untuk di publish di SuratKabar Lokal di Cirebon, tapi berhubung sesuatu dan lain hal. sy coba publish aja di Blog saya ini.

Ujilah Kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) anda melalui Uji Kompetensi.
Oleh. Marsani Asfi,M.Si
—————————————————————————————————————–
LOGO LSK APLIKASIDalam Kamus Besar bahasa Indonesia edisi ketiga terbitan Departemen Pendidikan Nasional-Balai Pustaka, kata kompetensi didefinisikan sebagai suatu kewenangan(kekuasaan) untuk menentukan sesuatu. Makna yang tersirat dalam definisi tersebut sebenarnya menyatakan kita, sebagai manusia memiliki kekuasaan atas diri kita untuk menentukan atau menguasai sesuatu hal. Dan jika dihubungkan dengan kata ‘kompeten’ maka definisi kompetensi justru memiliki arti yang sangat utama yaitu cakap atau mengetahui akan sesuatu hal.
Saat ini kecakapan atau ke-kompeten-an kita dalam menguasai sesuatu hal ternyata sangat mutlak untuk dikuasai. Kecakapan tersebut pada akhirnya nanti dapat memberikan nilai(value) tambah berupa kompetensi tertentu bagi diri kita. Tujuan pemberian nilai kompetensi ini dimaksudkan agar semua proses yang dilalui memiliki suatu ukuran. Ukuran yang dimaksudkan ini merupakan arti dari penguasaan atau kecakapan akan sesuatu hal yang dikuasai. Proses pengukuran kompetensi ini akan diberikan melalui proses uji kompetensi. Dan hasil akhir dari proses uji kompetensi ini adalah pemberian sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Instansi terkait dalam hal ini Lembaga Sertifikasi Kompetensi(LSK).
Penguasaan akan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki. Kompetensi dibidang ini ternyata dapat memberikan nilai tambah berupa kecakapan atau terampil akan penggunaan salahsatu aplikasi TIK yang ada. Kompetensi TIK dapat diperoleh seseorang melalui uji kompetensi. Melalui pelaksanaan uji kompetensi seseorang akan dinilai kelayakannya akan penguasaan aplikasi-aplikasi TIK yang diujikan. Bukti kompeten seseorang dalam bidang ini akan diberikan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi(LSK) TIK yang telah diakui oleh pemerintah.

Baca selengkapnya…

Semester Genap 08/09

Maret 9, 2009 2 komentar

Besok, 10 Maret perkuliahan genap th akademik 2008/2009 akan dimulai. Persiapan dengan segudang materi untuk bahan-bahan pengajaran kembali menjadi hal yang biasa dalam 4 bulan ke depan. Semester ini ditandai dengan motivasi dari manajemen untuk memperbaiki sistem administrasi dalam pengajaran. Adalah Sistem Baru yang di namai dengan “MYCIC” untuk memperbaiki ini. Sistem ini akan mencover semua kegiatan akademik sebelum,sedang dan setelah perkuliahan. Metode diskusi dengan online akan diterapkan,disamping pendataan semua material perkuliahan. Apakah akan sukses? Kita lihat disemester ini… Baca selengkapnya…

Turn Over Karyawan? Baguskah ?

Maret 3, 2009 2 komentar

Apa yang terlintas di benak rekan-rekan semua ketika suatu perusahaan memiliki nilai turn over pegawainya sangat tinggi sekali. Nilai turn over ini diukur dari nilai percepatan keluar dan masuknya karyawan.Keluar masuk karyawan ini membuat perusahaan terus dalam posisi sulit untuk berkembang. Saya mengibaratkan rumah yang sedang dibangun dan di tengah jalan bangunan tersebut tiba-tiba ditinggalkan oleh tukang-tukangnya dan mungkin juga bangunan tersebut akhirnya dihancurkan.

Baca selengkapnya…

Wisuda.. 22 Oktober 08..

Oktober 25, 2008 2 komentar

Wisuda merupakan tahapan akhir ketika kita menyelesaikan suatu tahapan pendidikan.. baik D3/s1 ataupun s2. Dan tahapan itu akhirnya saya lalui juga.. dan ini agak berbeda ketika saya wisuda S1 di agustus 1999 ketika ayah almarhum dan ibu menemani saya.. saat itu ada kebanggaan menyelesaikan jenjang pendidikan ini. Pekerjaan setelah lulus nggak terpikir karena saya sudah 2 tahun kebelakang sebelum lulus udah kerja honorer di PT Kereta Api Indonesia… banyak kenangan di Perusahaan ini.. dan lain kali akan saya ceritakan tentang perusahaan ini dulu dan sekarang.

Wisuda kali ini 22 Oktober 08 adalah wisuda s2 saya…dan merupakan kado buat istri tercinta.. teman saya bilang kalo kuliah istri diajak ke bogor.. saya punya prinsip orang tua/istri tidak akan saya ajak sebelum saya lulus.. dan saya tidak mau mereka-mereka lihat saya pontang-panting belajar ‘hampir putus asa’ waktu kuliah.. makanya saya bilang ke teman… wisuda ini adalah spesial buat mereka.. orang-orang yang saya cintai.. mereka harus lihat ‘happy ending’ nya saja…

Dan akhirnya tahapan ini saya selesaikan .. terima kasih dosen2 ku di IPB Dept. ILKOM.. teman-teman di ILKOM khususnya angkatan 7. sukses ya…

mudah-mudahan dengan jenjang ini pemikiran dan tingkah laku kita menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi bangsa dan negara tercinta.

sukses selalu..

marsani- cirebon

Kategori:Pendidikan

Jadi Gelandangan di Bogor

Agustus 13, 2008 2 komentar

Emang.. segala sesuatu butuh pengorbanan,
tapi yg dirasakan ini apakah sudah keterlaluan.
nggak tahu juga !!!!.
udah setahunan belakangan kemaren ini klo ke bogor… jadi ‘gelandangan ‘.. nggak ada tempat bernaung pasti…
numpang dikost an teman …. eeee..
. klo nggak dikost an teman dimana lagi sy menginap.. alternatif satu lagi ya di lab “BS’ tercinta..
setahunan ini sy jadi ‘penguasa’ tunggal yang diwarisi dari para senior untuk tidur dan menginap di lab..
sedihnya ya itu sendirian hanya.. berteman dengan nyamukginap dan pak satpam yang baik..
fasilitas lengkap.. bikin kopi ada air.. kamar mandi ada.. tapi nggak pasti.. trus.. kasur ada… internet 24 jam..
wahhh banyak kenangan deh … dilab ini…. apakah ini namanya pengorbanan !!!! saya nggak tahu…!!!

tapi pas minggu kemaren ke lab BS… sirna deh kesenangan setahun menginap dilab.. lab nya dibongkar… mungkin ke depan yang nginep tidak diperbolehkan lagi

Kategori:Pendidikan Tag:, ,

Laskar Pelangi !! inspirasi bagi yang sekolah

Agustus 13, 2008 Tinggalkan komentar

Minggu (15 Juni 2008) ,02.40 PM

Tempat : Kost “Husmul” Bandhitos.. darmaga

Mungkin banyak buku yang sering menjadi inspirasi seseorang dalam berkarya, bekerja dan hidupnya. Buku laskar pelangi bagi saya menjadi salah satu yang menginspirasi semangat, kecintaan serta daya juang yang tinggi dari seseorang tentang semangatnya untuk sekolah.

Sy termasuk orang yang terlambat membaca novel ini. Sudah dengar dan nonton ‘kick andy’ tentang laskar pelangi ini, tapi bacanya belum… Keberuntungan ternyata mendekati saya, ketika numpang nginap/tidur di bandhitos.. e.. ternyata temen punya novelnya, walaupun katanya dia pinjam juga. Jadi deh seharian baca tuh novel… tamat.. lahap semua titik, koma dan ungkapan-ungkapan ilmiah dalam novel tersebut.

Buku ini juga sebenarnya menimbulkan kerinduan mendalam atas hal-hal dulu yang pernah dilakukan. Emang.. melihat kebelakang seolah-olah mengenang semua hal terbaik.. dan menuju ke depan dengan harapan meraih hal-hal terbaik dalam hidup juga dapat tercapai.

%d blogger menyukai ini: