Beranda > Yii > [Yii].#1.Apa itu Yii Framework

[Yii].#1.Apa itu Yii Framework

Yii merupakan salah satu framework PHP  yang dapat digunakan untuk pengembangan aplikasi web berskala besar. Yii memiliki resuabilitas maksimum dalam pemrograman Web dan bisa mengakselerasi proses pengembangan secara signifikan. Nama Yii (dibaca sebagai /i:/) singkatan dari easy, efficient dan extensible (mudah, efisien, dan bisa diperluas). Yii dapat juga diartikan sebagai Yes It Is.

yii-logo

Situs utama Framework Yii adalah  http://www.yiiframework.com/, kita dapat melakukan download versi terbaru. Pada saat tulisan ini dibuat versi dari Framework Yii adalah versi 1.1.14 bulan agustus 2013. Dari web Yii tersebut kita peroleh informasi berkaitan dengan framework ini.

spek-yii  Dari informasi yang diperoleh di web Yii beberapa persyaratan yang perlu menjadi catatan bagi kita adalah kebutuhan tentang versi PHP yang dibutuhkan yaitu minimal versi 5.1.0 atau lebih tinggi untuk bisa menjalankan aplikasi yang akan kita bangun nantinya.

Selain itu, karena Yii merupakan Framework yang berorientasi objek maka pemahaman yang terkait dengan Object Oriented Programming (OOP) adalah menjadi suatu keharusan yang harus kita ketahui dan pahami sebelumnya.

Yii Cocok untuk apa aja?

Yii adalah frame work atau kerangka kerja pemrograman Web yang cocok dipakai untuk mengembangkan semua aplikasi Web. Yii sangat ringan, selain itu karena Yii dilengkapi dengan solusi caching yang memuaskan, maka Yii sangat cocok untuk pengembangan aplikasi dengan lalu lintas tinggi, seperti forum, portal, sistem manajemen konten (CMS), sistem e-commerce serta aplikasi web lainnya.

Mengapa harus memilih Framework Yii

Seperti kebanyakan PHP framework, Yii adalah MVC framework. PHP framework Yii cukup efisien, memiliki fitur-fitur yang lengkap, serta dokumentasi yang cukup baik, lengkap dan jelas. Yii juga didesain agar sesuai untuk pengembangan aplikasi Web secara serius. Yii bukan berasal dari produk pada beberapa proyek maupun konglomerasi pekerjaan pihak-ketiga. Yii adalah hasil dari pengalaman kaya para pembuat pada pengembangan aplikasi Web dan investigasi serta refleksi kerangka kerja pemrograman Web paling populer dan aplikasi.

Instalasi

Untuk melakukan Instalasi Yii mencakup dua langkah berikut:

  1. Download Yii Framework dari http://www.yiiframework.com.
  2. Kemudian ekstrak file rilis Yii ke direktori atau folder yang dapat diakses Web. Hasil ekstraksi Yii Framework akan diperoleh seperti pada gambar 3.

folder-yii Tip: Yii tidak harus diinstalasi di bawah direktori yang bisa diakses Web. Aplikasi Yii memiliki satu naskah entri yang biasanya satu-satunya file yang perlu diperlihatkan kepada pengguna Web. Script PHP lainnya, termasuk yang dari Yii, harus dilindungi dari akses Web karena bisa dieksploitasi untuk keperluan hacking.

Persyaratan

Setelah menginstalasi Yii, kita bisa memverifikasi apakah server yang kita miliki sesuai dengan semua persyaratan pemakaian Yii. Kita dapat melakukannya dengan mengakses file persyaratan di URL berikut dalam browser Web:

http://localhost/path/ke/yii/requirements/index.php. 

spek2-yii
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: