Beranda > Lain-Lain > Bersedekahlah..maka Semua nikmat akan kembali pada Kita..

Bersedekahlah..maka Semua nikmat akan kembali pada Kita..

Beberapa minggu dan mungkin beberapa hari belakangan, Saya sering dan selalu disebutkan dan dikatakan sebuah kata yang terlihat mudah disebutkan tapi mungkin agak susah untuk dilaksanakan.

Kata “sedekah”. Itulah kata yang sering tersebutkan oleh beberapa orang beberapa hari ini ke Saya dan Keluarga. Ternyata saya pernah menulis tentang ini di Catatan Facebook Saya. https://www.facebook.com/notes/marsani-asfi/selau-di-ingatkan-orang-tentang-shodaqoh/10150244756451255.

Tulisan itu tertanda bulan Mei 2011, Ketika itu seorang kyai atau ustadz menghampiri saya dan mengatakan hal tersebut ke saya, ” Mas,…Shodaqoh nya diperbanyak ya!!!”, kata nya lagi. “Iya pak …. terima kasih untuk selalu mengingatkan Saya akan hal tersebut”, Kata saya selanjutnya. Ternyata alhamdulillah selalu berbekas sampai dengan saat ini.

Dan, hari-hari kemarin, Saya diingatkan lagi. Melalui seorang kyai di Pesantrennya. Ketika menemani istri untuk berobat ke beliau Saya ditantang dan di ingatkan tentang shodaqoh ini.

Apakah mas mau membantu Jalan Allah??”, Kata ustadz tsb ke Saya.

ya, pak!!”, sahut Saya kemudian. Ustadz tersebut selanjutnya menyampaikan ayat yang berkaitan dengan sedekah ini. Inti dari ayat tersebut yang bisa sampaikan adalah “Bahwa siapa yang mau membantu Berdirinya agama Allah SWT, maka Allah akan selalu membantu Kita”. Membantu Allah dapat dilakukan dengan banyak hal, tenaga, pikiran, materi dan lainnya.

Malahan, diakhir percakapan ustadz tsb menyakinkan Saya. ” Bersedakahlah, apakah kesehatan istri mas lebih berharga dari seekor Sapi”. Itulah salah satu percakapan ke berapa kalinya tentang Sedekah untuk Saya. Alhamdulillah, Saya selalu diingatkan akan banyak hal dalam hidup ini…Semoga menjadi lebih baik lagi ke depan..

Sedekah yang berkualitas

(Dicuplik dari Sajian Khusus “Buletin Manarussalam Hidayatullah Cirebon, Edisi Ramadhan)

Sedekah itu pada hakikatnya adalah ujian Allah Ta’alla. Oleh Karena itu seperti ibadah-ibadah lainnya bersedekah haruslah dilakukan dengan niat semata-mata mematuhi perintah-Nya. Tidak perlu diketahui orang lain.

Sedekah yang diberikan hendaknya berkualitas, artinya nilai sedekah tersebut sebanding dengan kemampuan kita atau dengan kata lain, besarnya sedekah itu bagi kita sendiri mempunyai nilai atau makna yang cukup berarti. Dalam suatu hadits dijelaskan ada seseorang datang kepada Rasululllah SAW seraya bertanya : “yaa Rasullullah..!! sedekah manakah yang lebih besar pahalanya?”. Rasulullah menjawab :”Bersedekalah dalam keadaan sehat sedang engkau amat sayang kepada harta tersebut”.

Bila suatu ketika merasa senang karena mendapat nikmat Allah, misalnya mendapat rezeki yang tidak disangka-sangka, keluarkanlah sedekah yang besarnya kira-kira sanggup membuat penerimanya merasa senang persis seperti apa yang kita rasakan.

 

Insya Allah dengan cara yang demikian niscaya Allah memberi tambahan nikmat atau rezeki yang tak terduga. Hendaklah diingat bahwa Allah akan tetap menguji kita untuk mengeluarkan sedekah walaupun kita dalam keadaan susah. Kita tidak perlu khawatir, karena sedekah tidak akan mengakibatkan kemiskinan, tetapi sebaliknya Allah akan menggantikan rezeki yang lebih baik.

Tidak ada orang yang jatuh miskin lantaran bersedekah.

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan hartanya, baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan kesalahan orang yang berbuat kebajikan (Ali Imran : 134).

Wahai Bani Adam! lakukanlah infaq, apsti aku akan limpahkan karunia kepadamu. Sesusngguhnya Yaminullah (Gudang nikmat dan kelebihannnya) sangat penuh berlimpah ruah, tidak akan susut sedikitpun siang maupun malam (Hadits Qudsi).

salam (c) 2013

  1. Juli 20, 2013 pukul 1:34 pm

    terimakasih sudah diingatkan, mas..

    • Juli 21, 2013 pukul 4:57 am

      Sama2 mbak, Saya juga …alhamdulillah selalu diingatkan terus akan hal ini…
      salam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: