Beranda > olahraga > Opini : TIMNAS ku sebuah opini

Opini : TIMNAS ku sebuah opini

Persiapan TIMNAS INDONESIA di pertandingan 2 tahunan AFF CUP 2012 sudah mendekati hari-hari terakhir. Uji coba terakhir yang insya allah tanggal 14 dan 16 Nopember ini dan akan melawan Timor leste serta Kamerun. Saya pribadi mengucapkan syukur untuk timor leste dan kamerun yang bersedia menjadi calon uji coba timnas dalam rangak persiapan di piala AFF 2012 nanti.

Di terpa dengan banyaknya ganguan, mudah-mudahan hasilnya memuaskan semuanya. Terpaan banyak muncul dari adanya dualisme kompetisi, duelisme TIMNAS, sampai cidera pemain utama Hengky Ardiless sampai dengan masalah pidana yang dilakukan oleh Diego Michele. Semoga terpaan ini tetap menjadi bahan uji coba mental bagi timnas kita saat ini.

Contoh terbaik, dengan bergabungnya Bambang Pamungkas dalam tim tentu menjadi salah alternatif mr Nil dalam memilih skuad nantinya. BP begitu sebutannya tetaplah seorang atlet TIMNAS terbaik Indonesia saat ini. Walaupun umur dan kemampuan sudah menurun tetaplah pribadi kepemimpinannya masih dibutuhkan timnas dalam kacau balau dunia sepakbola indonesia saat ini. Kita bisa lihat betapa banyak kartu dan pelanggaran yang pernah dia perlihatkan dalam sejarah pertandingan internasionalnya. Sikap dan emosionalnya tetap memberikan ketentraman bagi semua skuad.

Pilar “eropa” rasa “Indonesia” patut diperhitungkan oleh pelatih mr nil untuk Arthur Irawan. Pemain yang dengan usianya yang masih muda, bisa membantu Timnas Indonesia. Dengan tidak hadirnya Syamsir Alam Cs yang digadang-gadang dapat bermain di TIMNAS sungguhlah mengecewakan kita semua, tapi menurut saya hal ini akan terobati dengan akan padunya arthur irawan dengan pemain-pemain lainnya. Semoga hal ini menjadi inspirasi bagi semua pemain untuk memberikan semua kemampuannya.

Pemain “Naturalisasi” semoga juga cepat padu dan bisa memberikan semua kontribusinya. Semangat “eropa” yang melekat pada diri  mereka diharapkan dapat mengobarkan semangat juang semua pemain TIMNAS.

Gelandang kecil, si Rasyid Bakhri yang saat pertandingan kualifikasi piala asia U22 begitu ciamik menurut saya, dan tanpa pantang menyerah untuk terus berlari membawa dan mengejar bola diharapkan dapat memperkuat barisan tengah TIMNAS.

Tapi dibalik itu semua saya sangat suka komentar Mr Nil tentang TIMNAS saat diwawancara. Sengaja saya copas seperti dibawah  dan semoga menginspirasi semua orang bahwa tidak ada guna bercerai berai, saatnya la bersatu padu untuk satu timnas.

Jangan Anda melakukan pekerjaan karena rutinitas. Dalam bidang apa pun,  Anda harus bekerja dengan hasrat.
Kalau bekerja dengan hasrat, Anda bekerja dengan tenang dan mendapatkan hasilnya.”

Apa pun pekerjaan manusia, kita harus menyandarkannya kepada Tuhan. Kekuatan Tuhan jangan diabaikan. Saya hanya berserah diri saat memulai pekerjaan ini.  Tidak ada ketakutan dan waswas. Kalau Anda takut dan cemas, Anda berteman dengan iblis.”

Tapi ingat, salah satu penyebab kenapa orang tidak pernah mendapatkan apa yang dia inginkan karena dia tidak tahu apa yang diinginkannya. Kedua, karena keinginannya itu diubah setiap saat. Kalau seseorang itu tahu  keinginannya, dia pasti akan mendapatkannya.
Nah, keinginan kita sebagai pelatih, dan siapa pun di dunia ini, pasti menjadi juara. Tapi, untuk ke sana, yang harus kita jaga dan lakukan adalah menjaga proses untuk menjadi juara itu.

  1. Monica
    Desember 10, 2012 pukul 2:51 pm

    timnas oh timnas. kapan bisa menang piala dunia?

    • Desember 11, 2012 pukul 5:46 am

      ada pendapat tentang kisruh ini.. mbak?

      salam

  2. Monica
    Desember 12, 2012 pukul 11:45 am

    Saya tidak mengerti banyak tentang sepakbola. Menurut saya, sebaik apapun potensi pemain yang dimiliki Indonesia, jika manajemen persepakbolaannya tidak bagus ya hasilnya seperti ini hehehe

  3. Desember 12, 2012 pukul 3:56 pm

    heheee… tapi pastinya tetap #timnas kan??? lovely timnas Indonesia…:)

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: