Beranda > Lain-Lain > Jalan-Jalan #2: Ke Samarinda Kota Tepian Yuk..

Jalan-Jalan #2: Ke Samarinda Kota Tepian Yuk..

Dari jam 04 pagi sampai mulainya check ini untuk boarding pas ternyata lama juga ya. Saya sepertinya tidak familiar dengan terminal 1 A ini. Bayangkan…. orang-orang mulai ‘crowded’ padahal diluar-an sana masih pagi buta. Banyak tontonan pagi hari itu, mulai yang ketinggalan pesawat, sampai marah-marah mencari tiket untuk pp ke tempat asal. he…he…he… ternyata hiruk pikuk dipagi buta di bandara Soetta.
Berangkat dari Soetta, alhamdulillah pas.. dan tidak ada delay.. dan diperkirakan 2 jam lagi sampai di Bandara
Sepinggan – Balikpapan. Sampai Sepinggan, coba kontak teman yang di Samarinda..Saya mesti naik taksi aja ke Samarinda, karena lumayan perjalanannya.. kata teman kira-kira 2 jam,,, e… ternyata jadinya 3 jam. Sepanjang jalan
Balikpapan-Samarinda, Hutan, rumah penduduk, hutan, toko dan sedikitnya lalu lalang kendaraan.

Alhamdulillah ternyata kita masih memiliki kota seperti ini. Saya melihat kota seperti ini kira-kira 15 tahunan lalu.. entah dmana??🙂..  Supir taksinya lumayan aktif juga dalam pembicaraan, menanyakan apakah bbm susah dicari di jawa sana
sampai cerita jembatan tenggarong yang roboh.. wah lumayan juga untuk ngisi waktu. Diantara kantuk perjalanan 3 jam terasa sangat lama, tempat tujuan kita adalah sebuah hotel “zamrud II”.

Akhirnya sampai lah di hotel tersebut. Teman saya kontak dan sambil menunggu saya makan batagor ah.. didepan hotel.. dan sekali lagi jauh-jauh ke kalimantan, makannya ya tetap aja batagor… Udara sore itu agak sedikit mendung, cuaca seperti ini enaknya di bawa tidur.

Samarinda sebenarnya merupakan ibukota Prop Kaltim.. berikut saya sedkit cuplik informasi tentang Samarinda :
—————————————-
Kota Samarinda adalah salah satu kota sekaligus merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Seluruh wilayah kota ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Kutai Kartanegara. Kota Samarinda dapat dicapai dengan perjalanan darat, laut dan udara. Dengan Sungai Mahakam yang membelah di tengah Kota Samarinda, yang menjadi “gerbang” menuju pedalaman Kalimantan Timur. Kota ini memiliki luas wilayah 718 kilometer persegi[3] dan berpenduduk 726.223 jiwa (hasil Sensus Penduduk Indonesia 2010), menjadikan kota ini berpenduduk terbesar di seluruh Kalimantan. Sumber http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda
———————————————————-
Saya nggak tahu kenapa Samarinda disebut Kota Tepian, sepanjang jalan saya sering membaca tulisan ini dan salah satu stasiun TV lokalnya juga menuliskan kata-kata tepian ini. Tapi saya coba cari informasinya mungkin karena ini :
———————————————————-
Sebagai kota yang dibelah Sungai Mahakam, Samarinda memiliki transportasi air tradisional sejak dahulu, yakni Tambangan dan Ketinting. Tambangan biasa digunakan sebagai alat transportasi menyeberang sungai dari daerah Samarinda Seberang ke kawasan Pasar Pagi. Ketinting menjadi moda transportasi sungai utama untuk menyeberangi sungai maupun menuju wilayah tertentu yang hanya bisa dinaiki oleh manusia dan barang. Sedangkan untuk mengangkut kendaraan, kapal feri sempat beroperasi menyeberangi sungai dari pelabuhan Harapan Baru, Samarinda Seberang ke pelabuhan Samarinda Kota. Namun, sejak pembangunan dan beroperasinya Jembatan Mahakam pada tahun 1987, tambangan dan ketinting mulai berkurang penumpangnya meski tak signifikan. Tetapi, yang paling merasakan kerugian adalah kapal feri hingga akhirnya pelayaran ditutup.
Sejak didirikannya transportasi utama Samarinda melalui Sungai Mahakam yang membelahnya ditengah-tengah, pada tahun 1987 baru dibangun Jembatan Mahakam yang menghubungkan Samarinda kota dengan Samarinda Seberang. Selain itu sudah dibangun dan diresmikan pada 2009 Jembatan Mahakam Ulu dan Jembatan Mahkota II (dalam tahap konstruksi).http://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Samarinda
——————————————————————————-
mungkin inilah yang menjadi dasar bahwa sebutan tepian karena sungai mahakam yang membentang kota tersebut.

oke… nyambung lagi nanti di sesi#3..

  1. Januari 27, 2012 pukul 5:07 am

    Makasi atas infonya. Sebagai warga samarinda sangat bangga dgn adanya info semacam ini. Semoga kota kelahiran q. Dapat maju terus.

  2. Januari 27, 2012 pukul 7:56 am

    salam kenal pak Salman..
    Saya sangat menikmati perjalanan dan kegiatan ketika ke samarinda..
    semoga masih diberikan kesempatan kembali ke samarinda..

    salam dan keep kontak..

  3. qq
    Maret 29, 2012 pukul 3:52 am

    kemarin naik taksi dari BPP ke SMD bayarnya berapa ya? Dan Hotel Zamrudnya rate brp, bagus ga untuk menginap kalau kita pasangan suami istri?
    makasih🙂

    • Maret 29, 2012 pukul 4:08 am

      taksi dari Balikpapan ke Samarinda Rp 250.000 pak.. nggak ada cash lain, tp lumayan bs 2.5 sampai 3 jam ke samarinda..

      klo untuk suami-istri, hotel zamrud kurang pak, tp saya di zamrud 2 bukan di zamrud 1..klo untuk suami-istri bisa di coba hotel grandsawit.. pas dijalan gede..tp jangan khawatir pak.. seputaran hotel tersebut banyak hotel-hotel bagus.. rate 250 sd 700 ada..

    • Maret 29, 2012 pukul 4:19 am

      barusan di ksh info sama teman ttg hotel grandsawit :
      Superior Rp 396rb,deluxe Rp 497rb,junior Rp 698rb, suite Rp 899rb
      sarapan pagi untuk 2 orang, gratis sarapan untuk 2 anak dibawah 10 th..reservasi 0541735544

  4. Tri Angga
    Oktober 11, 2012 pukul 6:16 pm

    brp hrg kamar d Zamrud II Pak? ad punya nomor kontak taksi yang Bapak gunakan waktu dari bandara k samarinda g’? klo ad blh share donk

    terima kasih.

    • Oktober 12, 2012 pukul 1:45 am

      waktu itu di zamrud II, standar sekitar 300 rb sd 350 rb.. free makan pagi…

      klo taxi nggak punya no kontaknya, tapi ketika keluar bandara, klo kita mau ke samarinda nanti ada loket khusus taxi ke samarinda dan waktu itu 250 rb..balikpapan-samarinda sekitar 3-4 jam.
      klo udah di hotel, mau ke bandara di balikpapan lagi cukup pesen aja ke resepsionis hotel utk minta taxi ke balikpapan..
      thx… dan welcome to samarinda…

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: