Beranda > Lain-Lain > Jalan-Jalan #1: Ke Samarinda Kota Tepian..Yuk…

Jalan-Jalan #1: Ke Samarinda Kota Tepian..Yuk…

Akhir november, Saya berkesempatan jalan-jalan ke Kota Samarinda, salah satu kota di Kalimantan Timur. Seperti perjalanan saya ke kota-kota lainya, nuansa kota ini sangat memberikan kenangan yang mendalam bagi Saya. Waktu kunjungan 28 sd 30 November 2011 tidaklah cukup untuk menjelajah habis semua hal yang ada di Kota Samarinda ini.

Cerita “bisa” Jalan-Jalan Ke Samarinda

Cerita berawal ketika pertengahan november 2011, di suatu malam ketika teman lama menelpon, Dan di ujung telepon yang berbicara ternyata teman dari Samarinda. “Pak..Sani ada kesibukan di akhir november??” seperti itulah pembicaraan awal waktu itu. Kemudian pembicaraan melebar pada kesediaan saya untuk bisa mengisi salah satu acara sebagai nara sumber.  Kemudian, hari berjalan dan berlanjut dengan komunikasi via sms, telpon dan email dengan topik apa yang bisa disampaikan. Kemudian kami ketemu pada suatu topik dan detail materi yang akan disampaikan oleh saya. Batasan-batasan waktu dan materi, serta hal-hal yang mesti saya siapkan buat kegiatan tersebut.

Saya  kemudian menyatakan kesiapan diri untuk kegiatan tersebut, dan langsung menyiapkan beberapa materi sebagai bahan pegangan peserta nantinya. Saya bersyukur memang bisa diundang di tempat tersebut dan sekaligus bisa memberikan ‘sedikit’ pengalaman selama ini untuk teman-teman disana.

Lalu, teman menyebutkan “Pak Sani … biasanya di bayar berapa ?”.. Ini sebenarnya pertanyaan  yang “susah-susah” untuk dijawab dan menurut saya banyak susahnya untuk dijawab ketimbang mudahnya mencari jawabannya. Untuk menjawab kebimbangan teman dalam hal ini, saya kemudian menyatakan “udahlah asal bisa pp samarinda-cirebon aja udah cukup..”.

Perjalananan Menuju Samarinda

Berikutnya adalah berburu tiket, perjalanan ke Samarinda adalah perjalanan saya pertama ke Pulau Kalimantan. Berburu tiket lewat internet, melihat penerbangan apa saja yang ada. Atas info teman, ternyata pesawat ke Samarinda mesti mampir dulu ke Balikpapan, terus dari Balikpapan ke Samarinda via daratan.

akhirnya, setelah menelpon dan browsing mencari-cari tiket saya putuskan memilih LION AIR. tapi ada  hal menarik pada saat menentukan jam keberangkatan untuk membeli tiket. Saya awalnya memutuskan membeli tiket keberangkatan untuk jam 12.an aja, dengan asumsi nanti sampainya sore tidak terlalu malam sampai Samarindanya. Maksud saya sebenarnya baik, tapi setelah konfirmasi ke teman. Katanya seperti ini ” Kalau pak Sani naik jam 12.an berarti 2 jam sampai Balikpapan.. kira-kira jam 2, artinya bapak sampai balikpapan jam 3. kemudian naik Taksi Balikpapan-Samarinda sekitar 2 jam an.. artinya sampai sini jam 5 an”. Saya pikir ya benar juga ya… waktunya kan bertambah 1 jam…ya ya..ya..:). Saya pikir saya juga belum memasukkan ‘delay penerbangan’… jangan-jangan bisa sampai malam.

Akhirnya saya putuskan ambil penerbangan yang agak pagian ..jam 9 atau 10 an aja. Sebenarnya.. klo penerbangannya siang.. sy bisa naik Kereta Api Cirebon-Jakarta yg pagi.. trus DAMRI ke Soetta.. tapi karena berubah jamnya berarti saya mesti mencari jam keberangkatan Kereta Api minimal yang Subuh atau dinihari.

Untungnya pihak travel menawarkan diri mencari travel ke bandara, dan biayanya juga sy kira hampir sama dengan saya naik kereta, lalu damri. Dan saya putuskan naik travel ke bandara, berangkat jam 20.00 dari Cirebon dengan asumsi sampai bandara jam 6.00 pagi. Tapi sampai bandara Soetta ternyata jam 04.00 pagi..wahhhh…..kepagian sekali…

oke… nyambung lagi di sesi#2..

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

