Beranda > Pendidikan, Pribadi, Uncategorized > Seluk Belok SERDOS 2011 : sebuah impian yang mudah2an terwujud.

Seluk Belok SERDOS 2011 : sebuah impian yang mudah2an terwujud.

Satu hal yang mengejutkan diawal 2 bulan yang lalu, tepatnya diawal mei adalah ketika teman kantor yang di bagian pelayanan akademik menyampaikan data dosen yang ‘eligible untuk serdos 2011‘. Di data yang dikeluarkan oleh DIKTI itu nama saya tercatat di nomor urut 2 untuk institusi yang saat ini saya mengajar. Pikir saya bakalan lama menunggu mungkin tahun depan, karena jatah kampus ini biasanya setahun cuma 1 orang seperti tahun-tahun sebelumnya.

Tapi surat DIKTI beberapa hari kemudian setelah pengumuman tersebut ternyata meminta kita untuk memvalidasi keempat orang tersebut apakah benar masih dan benar secara identitas tercatat di kampus ini.

Verifikasi akhir akhirnya meng invalid 2 teman karena statusnya karyawan BUMN dan cpns di PTAI. Alhasil saya mendapat berkah. naik dari urutan 2 ke 1.

PELATIHAN

Berkaitan dengan SERDOS ini sebenarnya saya sudah mengikuti pelatihan di tahun 2008. Saat itu belum dan tidak sama sekali terlintas dibenak saya akan mengikuti dan mengirim data untuk serdos 2011 ini. Dipelatihan yang cenderung workshop itu kami diajarkan cara mengisi portofolio dan evdir sebagai dokumen kelengkapan serdos. Dokumen tersebut di validasi dan diperiksa kemudian diminta dibacakan didepan peserta pelatihan dan dikoreksi bersama oleh tim asesor yang kalau tidak salah dari prof. di UI.

Pelatihan tersebut menghasilkan sertifikat pelatihan pengisian dok. SERDOS dan kemudian menjadikan pengalaman saya berikutnya untuk mengisi dok. serdos.

KONSULTAN

Waktu terus berlalu ternyata, setelah pelatihan di tahun 2008 tersebut.. Kami tidak mendapatkan kabar sedikitpun tentang siapa-siapa yang mendapatkan jatah SERDOS ditahun 2009 dan berapa orang yang dapat. Sampai ditahun 2010 surat dari DIKTI via KOPERTIS akhirnya memberitahukan bahwa jatah untuk kami ditahun 2010 adalah 1 orang.

Penentuan orang dikampus tentulah ‘sebenarnya sangat mudah’ kan tinggal bilang siapa yang siap dia yang maju.. Tapi disinilah justru yang menjadi rumitnya.. ternyata yang punya kekuasaan dan tidak siap yang mau duluan..
Oke.. no problemo…dan sekarang siapa yang bikin dan ngisi serta menyiapkan dokumennya.. tentunya yg punya kekuasaan tidaklah punya waktu untuk hal ini.. maka butuh orang untuk mengisinya…

Saya menjadi konsultan untuk mengisi data dan mempersiapkan datanya… Tapi menurut saya pengisian dok. serdos adalah data yang sering kita alami dan sering kita berhadapan. sebagai contoh.. jika kita tidak pernah berdiri dikelas.. tiba-tiba meminta mahasiswa untuk memberikan penilaian tentang kinerja kita didepan kelas.. saya nggak tahu seperti apa nilainya..begitu juga untuk data lainnya…. etc..

Alhamdulillah pengalaman inilah yang menjadikan saya faham untuk mulai menyusun draft serdos saya. Pengalaman menjadi konsultan ini membantu saya pada banyak hal untuk siap menyusun nantinya.

SERDOS 2011

Untuk serdos 2011 ternyata ada perbedaannya. Seperti saya sampaikan tadi diawal tulisan, ternyata tim DIKTI yang menyusun data siapa saja yang ‘eligible untuk serdos 2011 ini’. Data ini kemudian menjadi rujukan dikti untuk mengumumkan siapa saja yang berhak, kemudian data ini diserahkan ke KOPERTIS untuk diteruskan ke PTN atau PTS. PTS khususnya diminta memverifikasi status dosen ini.. jangan-jangan yang udah meninggal masih tercatat, yang menjadi PNS/BUMN juga didata, yang intinya PTS diminta jujur untuk melaporkannya..

Hasil verifikasi dari PTS ini kemudian dikembalikan ke DIKTI via KOPERTIS. Dan DIKTIlah kemudian yang menyampaikannya kembali siapa-siapa yang berhak yang terlebih dahulu disesuaikan dengan kuota untuk PTS tersebut ditahun ini.

Dan untuk Kami di tahun 2011 ini masih seperti biasanya.. hanya 1 orang.

ISINYA ONLINE

Untuk Dokumen SERDOS 2011, pelaksanaannya dilakukan secara online..Kita dapat mengacu ke web http://serdos.dikti.go.id.. Untuk hari ini Selasa 19 Juli 2011.. webnya down,mungkin kebanyakan yang akses. Kita diberikan 10 akun untuk mengakses web tersebut. Beberapa akun tersebut diperuntukkan :

1. Satu buah akun untuk peserta serdos yang disebut YBS.
2. satu buah akun untuk atasan peserta serdos
3. 3 buah akun untuk teman sejawat
4. 5 buah akun untuk mahasiswa yang mengenal dan pernah kita ajarkan.

akun-akun tersebut diserahkan kepada pimpinan, dan peserta serdos hanya mengetahui akun YBS saja. Masing-masing yang terkait dengan pelaksanaan serdos fokus hanya pada pertanyaan yang diakan diisi secara online.

Format Pertanyaan

format pertanyaan untuk mahasiswa, atasan, rekan sejawat adalah berbentuk pilihan berganda dan semacam kuesioner seperti diakhir semester yang sering diajukan tentang kinerja kita disemester kemarin.. jadi nggak perlu takut banget.. isinya juga tentang skill, pengetahuan, adaptasi serta kepekaan terhadap proses dalam PBM.

sedangkan format untuk YBS ada 2 pertanyaan, yaitu pengisian persepsional seperti kuesioner untuk mahasiswa,rekan sejawat dan atasan, selain itu ada pengisian protofolio yang berisi uraian kita tentang sesuatu hal secara naratif.

Selain itu kita juga mesti melengkapi biodata diri, riwayat pendidikan, pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. semua dok. dapat disiapkan dulu, baru kemudian dapat diinputkan.

Dan jangan lupa untuk mengupload foto ukuran pasfoto ya…..foto ini katanya jadi foto untuk sertifikat jika diterima.

NUNGGU HASIL

Setelah selesai semua.. pastikan sekali lagi isian telah divalidasi ulang..
selanjutnya kita tinggal menunggu pengumuman,, dan mohon didoain ya… semoga saya sukses..

salam

marsani asfi– lagi persiapan mengisi data serdos 2011.

  1. Juli 22, 2011 pukul 7:07 am

    goodluck ya, smoga berhsil..😀

  2. Juli 22, 2011 pukul 8:12 am

    oke.. sukses juga untuk baju wanita nya…
    salam

  3. September 9, 2011 pukul 9:29 am

    Bagi rekan2 yang ikut Serdos Gel II mendatang, silahkan pelajari panduan berikut:

    http://www.salewangang.com/panduan-pengisian-form-serdos-2011.html

    • September 12, 2011 pukul 4:26 am

      Sukses pak.. saya alhamdulillah lolos… terima kasih..

      salam

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: