Beranda > Pribadi > MALAM…sebuah perenungan yang mendalam…….

MALAM…sebuah perenungan yang mendalam…….

Entahlah… tapi yang pasti penciptaan malam dan siang.. telah diatur dengan baik oleh Allah SWT. Kita hanya bisa mencoba menangkap sinyal-sinyal dari semua ayat-ayat Allah SWT. Semoga kita dapat menjadi pribadi yang selalu bersujud kepada NYA.

Beberapa kutipan tentang ‘malam’ yang menurut saya sangat fenomenal sekali.

———
Sumber wikipedia
Malam adalah suatu masa (waktu) di mana sebuah tempat sedang berada pada posisi yang tidak berhadapan dengan matahari, dan oleh karenanya menjadi gelap. Pada saat belahan planet bumi sedang mengalami waktu malam hari ini,
belahan lainnya akan mengalami waktu siang  hari. Malam hari kadang-kadang didefinisikan sebagai waktu antara
tenggelamnya matahari di ufuk (horizon) sebelah barat sampai munculnya matahari  di ufuk sebelah timur pada keesokan harinya.
Karena rotasi bumi yang berputar dari arah barat ke timur, maka siang dan malam hari akan saling berselang-seling,
dan membentuk satu hari yang terdiri dari 24 jam.

Lamanya waktu malam akan berbeda-beda untuk musim yang berbeda, terutama untuk daerah yang mendekati kutub.
Di negara Amerika Serikat misalnya, pada saat musim panas (bulan Juli dan Agustus) malam akan lebih pendek dari pada saat musim dingin (bulan Desember dan Januari).

Kutipan lainnya tentang malam, dimana sumber utamanya dari Surat-surat dalam Alqur’an. Demikian kutipannya…
Sumber ://http://indonesia.faithfreedom.org/forum/sains-dalam-al-quran-terjadinya-siang-dan-malam-t472/
Quran 14:33
Dan Dia telah menundukkan (pula) bagimu matahari dan bulan yang terus menerus beredar (dalam orbitnya); dan telah menundukkan bagimu malam dan siang.

Quran 21:33
Dan Dialah yang telah menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing dari keduanya itu beredar di dalam garis edarnya.

Quran 39:5
Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

Quran 35:13
Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari.

Quran 31:29
Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dan karena matahari dan bulan masing2 beredar mengelilingi bumi sehingga terjadi siang dan malam, dan keduanya mempunyai garis edar sendiri saling berkejar-kejaran tetapi matahari tidak mungkin bagi matahari untuk mendapatkan bulan dan sebaliknya karena mereka beredara mengelilingi bumi seperti anjing yang mengejar ekornya (dengan sendirinya gerhana bulan ataupun matahari pun tidak mungkin terjadi terjadi).

Quran 36:37-40
Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka berada dalam kegelapan, dan matahari berjalan ditempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

Quran 13:2

Allah-lah Yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (makhluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan (mu) dengan Tuhanmu.

Quran 18:86
Hingga apabila dia telah sampai ke tempat terbenamnya matahari, dia melihat matahari terbenam di dalam laut yang berlumpur hitam, dan dia mendapati di situ segolongan umat. Kami berkata: “Hai Dzulqarnain, kamu boleh menyiksa atau boleh berbuat kebaikan terhadap mereka”.

———————–

Semoga dapat memberikan perenungan yang mendalam bagi kita tentang ‘malam’. Dan semoga tulisan ini cukup menggugah hati ku.

salam

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: