Beranda > olahraga > Euforia kemenangan ini Janganlah Cepat Berlalu

Euforia kemenangan ini Janganlah Cepat Berlalu

Tulisan ini ditulis sebelum Pelaksanaan Final Leg 1 dan 2.

————————————————————————————-

Di Bulan Desember penghujung tahun 2010 ini seperti memberikan aura positif bagi seluruh rakyat Indonesia. Betapa tidak, lihatlah euphoria kemenangan Indonesia dalam event 2 tahunan Piala AFF 2010. Event  ini seperti memberikan semangat positif bagi semua orang, bahwa Indonesia belumlah habis. Event tersebut ternyata dapat menyatukan semua orang. Indonesia begitu bersatu. Lihatlah betapa ‘merinding’nya ketika mendengarkan supporter menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama kurang lebih 80.000 pendukung. Sungguh luar biasa !!.
Pertandingan sepakbola adalah pertandingan olahraga yang sangat spesial karena tidak ada jenis pertandingan olahraga lainnya yang gelanggangnya bisa menampung segitu besarnya jumlah penonton. Dan jumlah penonton yang mencapai ratusan ribu tentunya menimbulkan efek lainnya berupa implikasi akan luapan emosi, dan semangat yang membara termasuk yang diakibatkan oleh aneka atribut, atraksi-atraksi para suporter, juga bahkan pesta kembang api di stadion selama pertandingan berlangsung!. Untuk hal yang terakhir disebut ini memang sepertinya cuma ada di negara kita, tapi itu menambah alasan kenapa pengalaman ini benar-benar seperti di luar dunia nyata.

Sekali lagi  ucapan Luar biasa. Kemenangan ini patut dirayakan. Sudah lama kita tidak masuk final.  Semoga ini menjadi titik awal kebangkitan prestasi sepakbola tanah air dan diharapkan kita semua bisa merasakan kegembiraan setelah bertubi-tubi persoalan mendera. Semoga ini bukan akhir segalanya akan tetapi awal kebangkitan segenap komponen BANGSA INDONESIA disegala bidang.

Tua-muda, orang tua-anak, dan pria-perempuan berbaur jadi satu dengan nama suporter Timnas. Mereka tak mengenal dia suporter mana. Entah Pasoepati, Jackmania, Viking, Bonek, atau apa pun. Mereka bersatu padu dengan meninggalkan rivalitas selama ini. Sungguh indah dan memesona kejadian ini.

Jangan ragukan cinta publik sepakbola Indonesia pada timnasnya karena mereka bersedia melakukan banyak hal untuknya. Sayang itu tak berbalas setimpal gara-gara manajemen ticketing yang amburadul di PSSI.
(Sumber   : http://www.detiksport.com/sepakbola/read/2010/12/20/085159/1528481/76/semangat-fans-vs-manajemen-tiket-amburadul?b99110170)

“Melalui sepakbola kita merasakan kesatupaduan. Tidak membedakan etnis, partai politik, agama. Rakyat bersatu, rakyat bangga pada negerinya, mereka satu,” kata Presiden SBY yang juga menonton langsung laga Indonesia-Filipina semalam di Senayan.

Segi positifnya, masyarakat Indonesia memiliki antusiasme nomor satu soal sepakbola. Mungkin salah satu yang terbaik di Asia. Antusiasme tersebut muncul karena atas nama cinta kepada timnas Indonesia. Apalagi pengharapan muncul berkat penampilan apik Indonesia selama Piala AFF tahun ini. Harapan boleh membubung, tetapi dia tidak boleh membabi-buta.

Leg 2 Semifinal
Timnas Indonesia sukses melangkah ke final usai kembali mengalahkan Filipina 1-0 di semifinal kedua, Minggu 19 Desember 2010. Striker Cristian Gonzales kembali menjadi penentu kemenangan Indonesia lewat gol spektakulernya pada menit ke-43.

Memerah. Inilah kata yang tepat untuk menggambarkan Jakarta sejak sore hingga tengah malam itu. Tak hanya Jakarta, tempat lainnya di seantero nusantara juga mengalami demikian. Dadanya memerah oleh semangat untuk memberi dukungan pada Timnas Indonesia meski dari jauh. Indonesia benar-benar bak kota mati saat itu. Semua mata terpana pada sekotak layer penghubung dunia.

Lupakan Perbedaan, duduklah berdampingan dan dukung satu Kata. “GARUDA di DadaKu”

Berdampingan : http://politik.vivanews.com/news/read/194645-kemesraan-golkar-demokrat-di-semifinal-kedua

Selain menteri, terlihat pula sejumlah politisi Partai Demokrat dan Partai Golkar yang mendominasi tribun VVIP yang mendampingi SBY. Politisi Golkar dan Demokrat tampak hangat dan kompak mendukung Timnas Indonesia.

Untuk Final
“Anak-anak kita bermain baik, serangannya ada. Pertahanannya kuat, tapi jangan lengah,” kata SBY. Timnas diminta terus berkonsentrasi menghadapi final pada 26 dan 29 Desember mendatang. Dalam laga final, Indonesia yang malam ini unggul 1-0 atas Filipina, akan menghadapi Malaysia.

tolong bawa garuda membumbung tinggi..kami rindu melihatnya mengepakan sayap di angkasa..selamat berjuang brother !

Oleh : Marsani Asfi. Komisi IPTEK – KONI KOTA CIREBON

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: