Beranda > RAPAT > Berada diantara dua Pe’Jabat’

Berada diantara dua Pe’Jabat’

Sebuah catatan agenda rapat di bulan maret.

Siang menjelang sore dihari itu, kegiatan rapat yang days by days sepertinya telah mencapai puncaknya.Mencari kesalahan dan melempar kesalahan dari peserta rapat menghiasi siang menjelang sore di ruang pimpinan.Arah rapat menuju debat  kusir sepertinya akan segera terwujud. Tidak ada yg mengaku salah, semua benar, semua punya data dan kesibukan. Jadi kesimpulan siang itu amannya ya mari sama-sama  mencari si ‘kambing hitam’.

Sebenarnya sangat gampang mencari tipikal seseorang pada situasi itu. Dan  akhirnya saya memahami setiap tipikal orang yang ada di ruangan itu. Maha besar Allah yg menganugrahi untuk dapat dengan segera membaca ‘fenomena’ ini.

Saya yg menjadi undangan dan tidak mewakili kepentingan apapun dalam topik rapat itu ikut menyaksikan dan mendengarkan ‘puncak’ perdebatan hari itu. Dibawah karbohidrat yang mulai bekerja, sikap diam juga tidaklah membantu,
berbicara dengan salah juga akan memberikan ‘kisruh’ baru dalam topik rapat.
wah… jadi kisruh kini ya????

Mundur kebelakang
——————
Agenda rapat itu sebenarnya merupakan kegiatan yg biasa disini.Saya menyebut  diri saya sebagai orang ‘operasional’. orang yg beroperasi dimanapun, dilevel manapun,disemua tingkatan manajemen. Karena posisi itulah makanya saya mengetahui setiap detail informasi yang ada, baik sumber,tujuan dan sasaran informasi. Informasi yang masuk dan keluar,sumber data dan dibagian mana data tersebut diproses dan kemudian akan ditransformasikan dan didistribusikan kemana saja. Saya juga bertemu dengan semua orang di semua level tingkatan, mencoba mendengar secara detail tentang apapun. Membuat resume, meminta bantuan rekan-rekan lain untuk bekerja efektif.

Tapi kepentingan antar pe’jabat’ justru menjadi batu sandungan. Sikap ego dan meng ‘aku’ sayalah yang benar menjadi halangan. Akhirnya informasi terhambat.Bukan hanya terhambat, tapi semua informasi tidak bisa diproses. Inilah yang menjadi acuan awal munculnya kisruh disini. Informasi di ‘keep’ dan tidak diproses dimasing-masing bagian.

Semangat Berubah
——————
setelah semua saling tuding dan menyalahkan,Saya merasa perlu untuk menjelaskan semuanya. Interupsi mendadak saya diantara ‘riuh rendah’nya orang-orang yang mencari selamatnya akhirnya menenangkan suasana saat itu. ‘Yang salah dalam kejadian ini adalah bapak-bapak xxxx dan bapak yyyyyy”. Saya tahu, karena saya berada diantara keduanya. akhirnya saya menceritakan kronologis dari awal sd akhir. keluhan dari keduanya terhadap tiap orang. Suasana agak hening.. dan da lam hati saya bilang..
” Semoga benar ucapan saya..dan tidak menyudutkan orang yang tidak ada diruangan ini…”

Saya hanya berfikir positif dan ingin ada perubahan ditempat ini. Kalo saya yang hanya  berubah.. sungguh narsis hidup saya..Makanya saya butuh bantuan semua orang, mari kita berubah bersama. Bawa semangat ini.. bersama. Semoga.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

