Beranda > Pendidikan > Ujilah Kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) anda melalui Uji Kompetensi

Ujilah Kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) anda melalui Uji Kompetensi

Tulisan dibawah ini sebenarnya saya buat untuk di publish di SuratKabar Lokal di Cirebon, tapi berhubung sesuatu dan lain hal. sy coba publish aja di Blog saya ini.

Ujilah Kemampuan Teknologi Informasi dan Komputer(TIK) anda melalui Uji Kompetensi.
Oleh. Marsani Asfi,M.Si
—————————————————————————————————————–
LOGO LSK APLIKASIDalam Kamus Besar bahasa Indonesia edisi ketiga terbitan Departemen Pendidikan Nasional-Balai Pustaka, kata kompetensi didefinisikan sebagai suatu kewenangan(kekuasaan) untuk menentukan sesuatu. Makna yang tersirat dalam definisi tersebut sebenarnya menyatakan kita, sebagai manusia memiliki kekuasaan atas diri kita untuk menentukan atau menguasai sesuatu hal. Dan jika dihubungkan dengan kata ‘kompeten’ maka definisi kompetensi justru memiliki arti yang sangat utama yaitu cakap atau mengetahui akan sesuatu hal.
Saat ini kecakapan atau ke-kompeten-an kita dalam menguasai sesuatu hal ternyata sangat mutlak untuk dikuasai. Kecakapan tersebut pada akhirnya nanti dapat memberikan nilai(value) tambah berupa kompetensi tertentu bagi diri kita. Tujuan pemberian nilai kompetensi ini dimaksudkan agar semua proses yang dilalui memiliki suatu ukuran. Ukuran yang dimaksudkan ini merupakan arti dari penguasaan atau kecakapan akan sesuatu hal yang dikuasai. Proses pengukuran kompetensi ini akan diberikan melalui proses uji kompetensi. Dan hasil akhir dari proses uji kompetensi ini adalah pemberian sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Instansi terkait dalam hal ini Lembaga Sertifikasi Kompetensi(LSK).
Penguasaan akan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki. Kompetensi dibidang ini ternyata dapat memberikan nilai tambah berupa kecakapan atau terampil akan penggunaan salahsatu aplikasi TIK yang ada. Kompetensi TIK dapat diperoleh seseorang melalui uji kompetensi. Melalui pelaksanaan uji kompetensi seseorang akan dinilai kelayakannya akan penguasaan aplikasi-aplikasi TIK yang diujikan. Bukti kompeten seseorang dalam bidang ini akan diberikan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi(LSK) TIK yang telah diakui oleh pemerintah.

Hakekat Pelaksanaan Uji Kompetensi
Dalam prosedur operasional standar (POS) tentang Uji Kompetensi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Kompetensi TIK dikatakan bahwa uji kompetensi merupakan proses pengujian dan penilaian yang dilakukan oleh penguji atau asesor uji kompetensi untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi hasil belajar peserta didik kursus dan satuan pendidikan nonformal lainnya, serta warga masyarakat yang belajar mandiri pada suatu jenis dan tingkat pendidikan tertentu.
Dari penjelasan ini bahwa pelaksanaan uji kompetensi dapat diikuti oleh siapapun tanpa membedakan tempat dimana peserta didik tersebut mendapatkan pelajaran yang berkaitan dengan materi uji kompetensi tersebut. Tidak adanya pembedaan untuk yang mengikuti uji kompetensi juga berlaku untuk semua warga masyarakat yang belajar secara mandiri, belajar melalui pendidikan formal maupun yang informal. Dan tentu saja yang menggembirakan uji kompetensi juga dapat diikuti oleh para mahasiswa-mahasiswa di perguruan tinggi yang ingin menilai kecakapan mereka dalam penguasaan aplikasi TIK. Tentu saja ini akan menjadi nilai tambah bagi para mahasiswa ketika mencoba mencari pekerjaan nantinya. Jadi sebenarnya apapun kualifikasi dan profesi kita yang penting kompetensinya

Proses mengikuti uji kompetensi TIK sendiri dikelompokkan dalam 4 Tahapan:

  1. Pendaftaran, ditahapan ini calon asesi(sebutan untuk orang yang ikut uji kompetensi) mendapatkan informasi atau penjelasan mengenai uji kompetensi. Selain itu asesi juga dapat langsung mendaftarkan diri dengan membeli dan mengisi formulir pendaftaran tersebut. Dalam formulir pendaftaran tersebut tercantum paket-paket uji yang dapat dipilih oleh calon asesi. Paket-paket tersebut berupa paket utama (berisi 3(tiga) paket uji) atau paket parsial (memilih satu dari tiga paket yang ada). Pemilihan paket ini didasarkan atas kesiapan calon asesi dalam penguasaan materi paket-paket tersebut. Ditahapan ini asesi juga dapat mengisi Self Assesment (SA) yang berupa materi-materi pengayaan.
  2. Self Assesment(SA), tahapan ini merupakan pengayaan sebelum pelaksanaan uji kompetensi. Asesi akan mengikuti SA ini dengan bantuan admin melalui sistem komputerisasi yang ada. Sistem ini akan memberikan nilai sementara kepada asesi sebagai wujud penguasaan atau kesiapan asesi nantinya dalam mengikuti uji kompetensi.
  3. Uji Kompetensi, tahapan uji kompetensi terdiri dari dua tahapan yaitu uji kompetensi teori dan uji kompetensi praktek. Uji kompetensi teori dilakukan melalui sistem komputerisasi dengan model uji pilihan berganda dan menjodohkan. Sedangkan untuk uji kompetensi praktek dilakukan oleh calon asesi sesuai paket uji yang dipilih, kemudian asesi dapat mengerjakan soal-soal uji kompetensi tersebut menggunakan aplikasi yang tersedia. Saat ini uji kompetensi TIK baru menyelenggarakan 3 (tiga) modul uji yaitu paket uji pengolah kata(word processing), paket uji pengolah angka(spread sheet) serta presentasi.
  4. Pasca Uji Kompetensi, tahapan pasca uji kompetensi adalah asesi akan mendapatkan hasil dari keikutsertaannya dalam uji kompetensi. Uji kompetensi teori hasilnya dapat langsung terlihat, sedangkan untuk uji kompetensi praktek hasilnya akan diperiksa oleh tim penguji yang ditentukan oleh LSK TIK. Hasil akhir dari pasca Uji kompetensi ini, asesi akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh LSK-TIK.


Tempat Uji Kompetensi

Tempat uji kompetensi adalah lembaga kursus dan/atau satuan pendidikan nonformal lainnya atau tempat lain yang berdasarkan penilaian dinyatakan layak dan mampu melaksanakan uji kompetensi. Dalam kaitannya dengan Uji Kompetensi di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi(TUK-TIK) berdasarkan Pelaksanaan Bimbingan Teknis di Kota Medan tanggal 22-24 Mei 2009 telah ditetapkan 20(dua puluh) tempat uji kompetensi diseluruh Indonesia. Dan untuk Koordinator Regional Jawa Barat ditentukan pertama kali sebagai Tempat Uji Kompetensi(TUK) adalah LPK CIC yang beralamat di Jalan Sisingamangaraja No. 35, Kota Cirebon. Formal penentuan Tempat Uji Kompetensi tersebut disyahkan melalui Surat Keputusan dari Lembaga Sertifikasi Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi(LSK-TIK) Nomor :SK.0002/TUKTIK/V/2009.
Proses penilaian atas kelayakan serta kemampuan CIC sebagai tempat untuk melaksanakan uji kompetensi sebelumnya telah didahului dengan proses Akreditasi Tempat Uji Kompetensi. Proses Akredtasi Tempat Uji Kompetensi adalah proses penilaian kelayakan terhadap lembaga kursus dan/atau satuan pendidikan non formal lainnya atau tempat lain untuk pelaksanaan uji kompetensi. Diharapkan penunjukan tersebut dapatĀ  menjadi acuan bagi para warga masyarakat yang akan ikut dalam uji kompetensi. Kesiapan CIC sebagai tempat uji kompetensi meliputi kesiapan sarana,prasarana, penjadwalan, pengujian dan proses pasca uji kompetensi. Pelayanan prima yang akan diberikan CIC sebagai TUK adalah salah satu point kompeten bagi seluruh pelaksanaan uji kompetensi.

Peluang Menguji Diri

Adanya uji kompetensi khususnya TIK menjadi peluang bagi kita untuk menguji sejauh mana kecakapan kita dalam penguasaan aplikasi TIK. Peluang lain adalah adanya keseragaman kemampuan yang akan diperoleh para peserta uji kompetensi. Peluang-peluang ini tidak membatasi dimanapun asal kita belajar, sumber belajar dan sekat-sekat pembeda lainnya. Jadi kenapa mesti kita diam diri dan tidak ikut?. Kami tunggu partisipasi anda di uji kompetensi TIK tahun 2009 ini di Kampus CIC.

Penulis adalah :
Dosen Tetap Program Studi Sistem Informasi STMIK CIC
Tenaga Teknis Uji Kompetensi di LPK CIC

email : marsani.asfi@cic.ac.id

  1. Belum ada komentar.
  1. Januari 2, 2011 pukul 12:52 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: