Beranda > Pendidikan > Turn Over Karyawan? Baguskah ?

Turn Over Karyawan? Baguskah ?

Apa yang terlintas di benak rekan-rekan semua ketika suatu perusahaan memiliki nilai turn over pegawainya sangat tinggi sekali. Nilai turn over ini diukur dari nilai percepatan keluar dan masuknya karyawan.Keluar masuk karyawan ini membuat perusahaan terus dalam posisi sulit untuk berkembang. Saya mengibaratkan rumah yang sedang dibangun dan di tengah jalan bangunan tersebut tiba-tiba ditinggalkan oleh tukang-tukangnya dan mungkin juga bangunan tersebut akhirnya dihancurkan.

Dalam dunia bisnis, khususnya pengusaha-pengusaha yang selalu merasa uang tidak masalah. Hal tersebut tidaklah menjadi persoalan. Mereka bisa beli karyawan baru dan dengan indikator pekerjaan yang keluar masuk terus. Tidak suka, dipecat aja, atau tidak mau dibayar murah, keluar aja.

Tapi menurut saya. bekerja khususnya orang-orang pekerja. Kehidupan dalam bekerja itu seperti kehidupan kita dimasyarakat, ada rasa sosial, ada rasa marah, rasa disiplin, rasa malu, berani dan tanggung jawab. Orang biasa sebut itu ‘profesional’.

Perusahaan yang mengalami hal ini, tentunya menurut saya sangat dirugikan. Apalagi untuk perusahaan  yang sedang dan akan membangun ‘citra’. Perusahaan ini akan selalu dilihat dengan pertanyaan, ‘ada apa didalamnya?’.

Bayangkan klo terjadi diperusahaan yang notabene adalah pendidikan. Pendidikan bukanlah tempat keluar masuk guru/dosen. Menjadi guru/dosen adalah suatu pengabdian yang dibina dalam puluhan tahun. Menjadi pendidik tepatnya adalah membangun suatu citra terhadap semua elemen dalam pendidikan tersebut.

Menjadi pendidik memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Besar rasa enaknya dan besar juga rasa tidak enaknya. Ketika terjadi perputaran dalam suatu siklus pendidikan. Bayangkan apa yang terjadi. Seperti bikin rumah-rumahan dengan pasir dipinggir pantai. Ketika mulai meninggi rumahnya,, tersapu kembali oleh ombak. dibangun lagi tersapu lagi.Begitu seterusnya..

Jadi.. Bagaimana menurut teman2.. ada saran ?

  1. Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
    April 23, 2009 pukul 3:49 am

    Dalam dan mengena….

    Salam damai

  1. Januari 2, 2011 pukul 12:52 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: