Arsip

Archive for Juli, 2008

Beda mahasiswa “Ku” dengan Mhs lain

Juli 21, 2008 2 komentar

Jum’at (18 Juli 08 ), 02.00 pagi

Tempat : Kost Husmul

Klo mau dibandingkan.. mhs “Ku” banyak kekurangannya dibandingkan dengan mhs lain. Masalah mentalitas dan semangat mahasiswa “Ku” ada dikisaran angka 0 sd 1. masalah kejelasan dan etika dalam berkomunikasi dan ber-sms mahasiswa cic ada di kisaran 1 sd 2. masalah etika ini yang aneh.. diajarkan di 2 semester dan diwajibkan bayar lagi.. eeee… etikanya… ya itu…1 dan 2.. Coba lihat sms berikut ke saya :

“Pak.. sy mau tanya ujiannya open ato close?”

“ open book… “ jawab saya

“ Ya,,, pak sy juga udah tahu kok.. open book kan?”

Haaaaa…… teman sy ketawa habis … denger smsnya… dan sy tunjukkan sms lainnya.

Macam-macam isinya,… ada yg kirim gambar kelinci.. ada yg kirim gunakan bahasa gaul. Dlllnya… wah….. untung saya orangnya nggak ndeso ngerti bahasa gaul…

Apalagi jika ketemu langsung.. pasti stress nih dosen-dosen lain klo mahasiswa/i nya kayak mhs “Ku”.

Satu lagi masalah akut untuk mahasiswa “Ku” yaitu masalah mental dan semangat juang yang klo di skalakan ada di skala 0 sd 1. mesti disuap…dan diemongin…

Klo kita nggak ada dikampus dalam jangka waktu lama.. pasti mereka nyeletuk dengan bahasa cerebonan..”bapak ne kemana bae… lunga-lunga bae!”.. dan pastinya di sambung dengan “ saya udah nunggu bapak dari tadi?”.

Haaaaa…. sekali lagi lucu loh….bikin nggak stress,,

Kategori:Mahasiswaku Tag:,

Mentalitas vs Semangat.

Selasa (15 Juli 2008), unrecorded

Tempat : Kost husmul 

            Apa beda mentalitas dan semangat? Mentalitas bukan mental (e dalam kata penduduk). Kita sering dengar “mentalitasnya teruji dalam ribuan cobaan”.” Mentalitasnya seperti baja”. Dan lain-lainnya.. kemudian semangat posisinya dimana.

Klo saya buat kesimpulan semangat dulu harus ada… kemudian baru mentalitasnya akan kelihatan… Gagal disatu kesempatan.. coba lagi… coba lagi…di kesempatan berikutnya… coba lagi dan coba lagi… teruji kan.. bahwa mentalitasnya adalah baja bukan kue… haaaa….haaa.

 

“Menyusun tesis ternyata butuh keduanya… dosen bilang.. “tidak hanya kepintaran saja yang dibutuhkan ketika sdr2 menyusun tesis! Tapi faktor2 lainnya.. dibutuhkan.”

Teman tempat sy numpang selama di bogor.. bilang “Pak Sani… sudah cukup pintar untuk menyelesaikan tesis… tapi pak sani nggak memiliki kecerdasan untuk meyelesaikannya dengan tepat waktu?”.

 

Wah… tersentak aku…. tapi dalam hati sy bilang… “ Saya nggak memiliki keduanya!!!” “Mentalitas dan Semangat!!! ”  “I’m Down……”.

Kategori:Tesis Tag:, ,

Ilkom 7

Juli 19, 2008 1 komentar

Pernah baca ttg. sahabat karangan kahlil gibran.

saya kutip ya..

Sahabat adalah keperluan jiwa, yang mesti dipenuhi.
Dialah ladang hati, yang kau taburi dengan kasih dan kau tuai dengan penuh rasa terima kasih.
Dan dia pulalah naungan dan pendianganmu.
Kerana kau menghampirinya saat hati lupa dan mencarinya saat jiwa mahu kedamaian.

Bila dia berbicara, mengungkapkan fikirannya, kau tiada takut membisikkan kata “Tidak” di kalbumu sendiri, pun tiada kau menyembunyikan kata “Ya”.
Dan bilamana dia diam,hatimu berhenti dari mendengar hatinya; kerana tanpa ungkapan kata, dalam  persahabatan, segala fikiran, hasrat, dan keinginan dilahirkan bersama dan dikongsi, dengan kegembiraan tiada terkirakan.
Di kala berpisah dengan sahabat, tiadalah kau berdukacita;
Kerana yang paling kau kasihi dalam dirinya, mungkin kau nampak lebih jelas dalam ketiadaannya, bagai sebuah gunung bagi seorang pendaki, nampak lebih agung daripada tanah ngarai dataran.

Dan tiada maksud lain dari persahabatan kecuali saling memperkaya roh kejiwaan.
Kerana cinta yang mencari sesuatu di luar jangkauan misterinya, bukanlah cinta , tetapi sebuah jala yang ditebarkan: hanya menangkap yang tiada diharapkan.

Dan persembahkanlah yang terindah bagi sahabatmu.
Jika dia harus tahu musim surutmu, biarlah dia mengenali pula musim pasangmu.
Gerangan apa sahabat itu jika  kau sentiasa mencarinya, untuk sekadar bersama dalam membunuh waktu?
Carilah ia untuk bersama menghidupkan sang waktu!
Kerana dialah yang bisa mengisi kekuranganmu, bukan mengisi kekosonganmu.
Dan dalam manisnya persahabatan, biarkanlah ada tawa ria dan berkongsi kegembiraan..
Kerana dalam titisan kecil embun pagi, hati manusia menemui fajar dan ghairah segar kehidupan.

+++++++

setiap sy mencapai tahapan kuliah.. sy mendapatkan banyak teman  dari teman SD,SMP,SMA,Kuliah(S1) dan sekarang S2. sahabat menurut saya sama seperti menurut kahlil gibran.

di ilkom 7 sy punya sebelas teman.. punya banyak perilaku dan kegiatan yang berbeda.. dan diklom ini sy khusus mendedikasikan tulisan sy untuk sebelas sahabat-sabahat saya tersebut.

SMS dosen

Kamis(10 Juli 2008) ,11.16 PM

Tempat : Kost Husmul Beze… di Bandhitos darmaga.

Pukul 11 kurang beberapa detik, ada sms masuk dari dosen pembimbing pertama saya. Isi sms agak mengejutkan “ Bagaimana perbaikan tesisnya ?” ya Allah … dosen ini banyak sekali membantu saya.. murahkan rejeki, kesehatan, kemudahan-kemudahan dalam penyampaian ilmu dan berkah-berkah lainnya pada bapak ini.

Banyak pengalaman yang berguna dari beliau untuk saya selama ini, apalagi dibawah penurunan semangat selama ini. Maha besar engkau ya allah.

Kategori:Tesis

Semangat yang menurun

Kamis(10 Juli 2008) ,11.16 PM

Tempat : Kost Husmul Beze… di Bandhitos darmaga.

Sore tadi sy emailkan draft tesis saya ke pembimbing kedua. Ada perasaan yang agak khawatir tentang email ini. Setelah sempat berjuang mengirim email via gmail selama kurang lebih satu jam, akhirnya alhamdulillah semuanya lancar. Tiga email berturut-turut terkirim mulai dari email yang terpisah-pisah untuk beberapa laporan sampai dengan email-email yang berisi semua file dengan lengkap. Hasil email ini akan saya terima komentarnya besok pagi. Semoga sukses.

Tiga tahun perkuliahan selama ini, sepertinya mencapai grafik penurunan semangat yang luar biasa. Apalagi di bulan-bulan terakhir ini. Grafik berikut menjelaskan penurunan semangat 3 tahun perkuliahan ini.

Faktor ekternal dan internal mendera selama ini yang semuanya bermuara pada pressure untuk dapat menyelesaikan tesis ini.

Semua jurus digunakan untuk meningkatkan semangat ini. Mudah-mudahan bisa.. ya Allah selesaikanlah perjuangan saya selama ini dengan lancar.

Kategori:Tesis

Penyemangat hati

Juli 17, 2008 2 komentar

Rabu (18 Juni 2008) ,02.00 PM

Tempat : Kost “Husmul” Bandhitos.. darmaga

Istri ku menjadi penyemangat hati yang tidak terkalahkan selama ini. Sakit, sedih, kesunyian dan semuanya.. sy kira ada di hatinya.. Tapi itulah istri terbaik saya selama ini, sy jatuh…bangun, patah semangat, sedih, menangis selama tiga tahun ini,apalagi selama penyusunan tesis ini..

Ya Allah .. besarkan hati kami berdua… semangati kami berdua…

Yang … banyak yang telah kita korbankan selama ini..

I love you … sayang…

Kategori:Tesis
%d blogger menyukai ini: